Merawat Sepatu dan Sandal Kulit Yang Paling Mudah

Tren sepatu dan sandal kulit pria sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu terutama karena alas kaki pun memang awalnya terbuat dari kulit hewan. Karena keberadaan hewan yang biasa dijadikan alas kaki mulai dilindungi atau penggunaan kulit hewan sebagai bahan pakaian mulai dikecam oleh komunitas pecinta hewan, maka manusia mulai menggunakan kulit sintetis sebagai bahan dasar pembuatan sepatu.

Meski begitu sekarang tren sepatu dan sandal kulit pria itu sendiri mulai merebak lagi. Sepatu kulit begitu digandrungi karena memang awet dan nyaman dipakai. Meski perawatannya sedikit ribet dibanding sepatu pada umumnya, sepatu kulit tetap saja ada di hati. Pecintanya bahkan rela membayar mahal untuk sepatu kulit yang sudah melekat di hati. Terlepas dari itu semua, perawatan sepatu kulit juga pantas untuk diperhatikan

Tips untuk merawat sepatu kulit.

  1. Kenali jenis sepatu kulit
    Pastikan jenis kulit dari sepatu atau sandal yang dimiliki, entah itu sintetis atau kulit asli karena perbedaan jenis kulit memerlukan perawatan yang berbeda
    pula.
  2. Hindarkan dari pancaran sinar matahari secara langsung
    Paparan sinar matahari langsung ketika menjemur sepatu bisa menyebabkan pecah dan memudarnya warna sepatu kulit ini. Untuk mengeringkan sepatu ini sendiri lebih baik dikeringkan di bawah bayang-bayang saja sehingga masih terkena bias sinar matahari tetapi tidak merusak kulit.
  3. Segera keringkan bila terkena air
    Pengeringannya pun juga harus menggunakan permukaan lap yang lembut, bila perlu gunakan kapas agar tidak menggores permukaan sepatu dan meninggalkan bekas yang tidak diinginkan.
  4. Jangan menunda untuk membersihkan noda lumpur
    Noda lumpur yang telah mengering tentu lebih sulit untuk dibersihkan dan pastinya meninggalkan bekas yang tak akan pudar. Untuk mengilangkan bekas lumpur, dapat digunakan lap basah dan gosok di bagian yang kotor saja lalu segera keringkan.
  5. Beri lapisan anti air untuk sepatu
    Lapisan anti air ini kini telah dijual dimana-mana dan bahkan bisa dibeli ketika membeli sepatu itu pula. Tetapi, batasi pula penggunaannya karena pemakaian
    yang terlalu sering bisa membuat kulit menjadi susah ‘bernafas’.
  6. Rajinlah menyemir sepatu
    Semir sepatu dengan warna yang sesuai dan produk yang memang baik untuk membuat sepatu atau sandal kulit menjadi tetap kinclong seperti baru.
  7. Simpan dalam keadaan kering seratus persen
    Seusai dipakai, pastikan keadaan sepatu atau sandal dalam keadaan yang memang benar – benar kering agar tidak menjadi jamur dan bau. Kondisi sepatu yang hendak dimasukkan ke dalam kardus atau rak, harus sudah bersih hal ini tentu akan memperpanjang umur sepatu dan warnanya akan tetap sama seperti awal dibeli.
  8. Jangan dipakai setiap hari
    Sepatu juga butuh istirahat lho Prelovers, jadi usahakan jangan gunakan sepatumu ini tiap hari saat pergi kemanapun. Setidaknya biarkan sepatu mu istirahat selama minimal satu hari setelah pemakaian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *