5 Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Sejak jaman dahulu tanaman jahe memang dipercayai akan khasiat bagi kesehatan. Jahe sendiri sering kita temukan sebagai bahan olahan makanan dan minuman bagi kesehatan. Tanaman ini dipercayai mampu sebagai obat yang tentunya sangat berperan penting dalam kesehatan

Selain itu juga kita sendiri yang kurang faham akan dunia pengobatan herbal, bisa juga memanfaatkannya karena sangat sederhana sekali meracik atau meramu olahan
jahe tersebut bisa secara segar ataupun dalam bentuk serbuk atu bubuk bahkan ditumbuk jahe tersebut didalam pemanfaatan jahe guna kesehatan pada tubuh dan badan kita.

Manfaat Jahe

Meredakan mual
Jahe bisa meredakan serta mengurangi rasa mual pada kita, terlebih mual yang disebabkan oleh morning sickness ( kondisi mual dan muntah yang dialami beberapa wanita hamil saat trimester awal kehamilan ), vertigo, maupun efek samping dari pengobatan kanker.

Mengurangi rasa sakit
Mengkonsumsi suplemen yang terdapat kandungan jahe dapat mengurangi rasa sakit-sakit pada otot yang diakibatkan aktifitas olahraga, dan mampu menaha rasa sakit pada menstruasi

Mengatasi masalah pada pencernaan
Jahe merupakan bahan alami sebagai alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan, kandungan phenolic yang terdapat pada jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah kontraksi pada perut, hingga membantu pada pergerakan makanan dan minuman selama berada didalam pencernaan, jahe juga sering disebut carminativ, yaitu suatu substansi dapat mengeluarkan gas yang berlebih yang ada di sistem pencernaan, juga masalah pencernaan seperti kolik, dispepsia dapat diatasi pula dengan jahe.

Melindung dari kanker
Ginerol salah satu kandungan yang ada dalam jahe bermanfaat untuk mencegah kanker, phytonutrient dalam jahe juga memberikan rasa pada jahe yang unik, gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.

Anti peradangan
Ginerol juga sebagai anti inflamatori, hal ini menjelaskan bahwa mereka yang mengalami penyakit persenndian seperti rematik, osteoarthritis mengatakan berkurangnya rasa sakit di persendian setelah mengkonsumsi jahe secara teratur. Mengkonsumsi jahe bukan hanya saja mengurangi rasa sakit tapi bisa mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit. Jahe dipercaya dapat menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit dan leukosit.

Demikian dari beberapa manfaat lain jahe sebagai untuk kesehatan baik untuk pencegahan suatu penyakit, juga jahe merupakan penyembuhan dari suatu penyakit, karena kandungan dalam jahe.

Informasi manfaat jahe diatas merupakan informasi bersifat umum yang bertujuan untuk yang sedang mencari referensi informasi tentang jahe. Semoga Bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *